Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Senin, 12 April 2010

Rossi Tampil Cemerlang di Qatar



Tim Fiat-Yamaha mengukir prestasi luar biasa dengan finis di urutan pertama dan kedua pada MotoGP Qatar, Minggu (11/4/2010) atau Senin dini hari WIB. Valentino Rossi tampil sebagai pemenang pada seri pembuka rangkaian MotoGP 2010 setelah mencatat waktu tempuh total 42 menit 50,099 detik selama 22 lap.

The Doctor, julukan Rossi, mulai mengambil alih posisi terdepan pada lap keenam dari total 22 lap saat pesaing utamanya, Casey Stoner, terjatuh. Meski kecepatan motornya kalah cepat dengan Ducati Desmosedici GP10 dan Honda, Rossi memanfaatkan tikungan-tikungan rapat untuk meninggalkan dua pesaingnya, Andrea Dovizioso (Honda) dan Nicky Heyden (Ducati).

Dengan taktik itu, juara dunia sembilan kali ini berhasil menjaga posisi terdepannya meski sesekali posisinya sempat diancam Dovizioso.

Nasib apes menimpa Casey Stoner. Pebalap Australia itu gagal mengukir prestasi dan ambisi untuk memenangi MotoGP Qatar keempat kali berturut-turut.
Andalan Ducati itu terjatuh di lap keenam. Padahal, ia sempat mengukir lap tercepat 1:56,00 detik di lap kedua. Stoner mengneluhkan pada bagian belakang motornya yang acap goyang.

Kehebatan Rossi juga diikuti rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Pebalap Spanyol itu dapat mengembangkan kecepatan dengan baik. Lomba tinggal dua lap. Ia, yang berada di posisi keempat, dalam satu lap berhasil menyusul Dovizioso dan Nickey Hayden (Ducati) dan finis kedua.

Tampilnya Dovizioso dan Hayden di urutan ketiga dan keempat harus menjadi perhitungan bagi Yamaha. Kedua pebalap itu menunjukkan kemajuan yang luar biasa karena tahun lalu penampilan keduanya di bawah bayang-bayang Rossi, Lorenzo, dan Dani Pedrosa.


Jalan lomba
Lomba yang menempuh 22 lap dimulai dengan start yang mulus. Rossi berhasil mengatasi Stoner di tikungan pertama, diikuti Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden.

Pada lap pertama, Stoner mampu memperbaiki posisinya dengan menyalip rekan setimnya, Hayden, yang kemudian menggeser Rossi.

Pada lap kedua, kecepatan Desmosedici GP10 yang kencang membuat pebalap Australia itu sangat mudah menyusul Dovizioso di trek lurus. Stoner sudah memimpin lomba, dibayangi oleh Dovizioso yang mendapat tekanan dari Rossi.

Pada lap kelima, kecepatan Yamaha YZ-M1 di trek lurus kalah cepat dibandingkan dengan Ducati dan Honda. Dengan demikian, jarak Rossi yang bisa menempel ketat Dani, begitu masuk trek lurus di garis start, renggang lagi.

Pada lap keenam, Casey Stoner terjatuh dari motor dan tidak melanjutkan lomba. Posisi terdepan diambil Rossi. Di luar dugaan, Hyaden berhasil menyalip Dovizioso dan menduduki urutan kedua.

Pada lap kedelapan, Dovizioso mengambil alih posisi kedua dari Hayden. Sementara pendatang baru Afeix Espargaro masuk pit karena gangguan pada mesin. Adapun rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, berada di urutan keempat.

Pada lap ke-13, jarak Rossi yang masih memimpin di depan dengan Dovizioso dan Hayden sangat rapat. Ben Spies mampu memperbaiki posisinya menjadi kelima. Sementara Rookie Simoncelli berada di urutan ke-11 dan berada di depan Bautista (13)
dan Barbera (14).

Pada lap ke-15, Dovizioso hampir dapat menyalip Rossi di trek lurus.

Pada lap ke-17, Hayden dapat menyalip Dovizioso, tetapi tak berapa jauh dilibas kembali. Rossi pun dapat memperlebar jarak dengan kedua pebalap di belakangnya.

Pada lap ke-20, rekan setim Rossi, Lorenzo, berhasil menyalip Hayden dan langsung menekan Dovizioso. Tak berapa lama pebalap asal Spanyol ini menggeser posisi Dovizioso di urutan kedua.

Pada lap ke-22, Bautista terlempar dari motornya dan Rossi menutup lomba dengan finis pertama.

Hasil lomba

1. Valentino Rossi Yamaha Factory 42:50.099
2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +01.022
3. Andrea Dovizioso Honda HRC +01.865
4. Nicky Hayden Ducati MotoGP +01.876
5. Ben Spies Yamaha Tech 3 +03.903
6. Randy de Puniet Honda LCR +09.322
7. Dani Pedrosa Honda HRC +16.508
8. Colin Edwards Yamaha Tech 3 +19.867
9. Loris Capirossi Suzuki MotoGP +20.893
10. Hiroshi Aoyama Interwetten Honda +21.100
11. Marco Simoncelli Honda Gresini +31.638
12. Hector Barbera Ducati Aspar +32.573
13. Marco Melandri Honda Gresini +40.780
14. Alvaro Bautista Suzuki MotoGP RET
15. Aleix Espargaro Ducati Pramac RET
16. Mika Kallio Ducati Pramac RET
17. Casey Stoner Ducati MotoGP RET

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

  © Design Templates 'sports' by fathony cah ponorogo 2010

Back to TOP