Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Senin, 12 Juli 2010

Spanyol Lahir Sebagai Juara Dunia Baru

Juara dunia baru telah hadir di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, ya Spanyol akhirnya untuk kali pertama berhasil mencium trofi Piala Dunia setelah di babak final berhasil menundukkan Belanda dengan skor 1-0. Hasil ini sesuai dengan prediksi bolagoalnet, baca: Juara Piala Dunia 2010.

Bertanding di Soccer City Stadium, Senin 12 Juli 2010, Spanyol langsung mengambil inisiatif menyerang. La Furia Roja langsung membuka peluang saat pertandingan baru berjalan lima menit.

Berawal dari tendangan bebas Xavi Hernandez, bek Sergio Ramos berhasil melepaskan tandukan keras. Sayangnya usaha Ramos masih dapat dimentahkan kiper Maarten Stekelenburg.

Spanyol kembali menebar ancaman di menit 11. Memanfaatkan bola panjang dari lini pertahanan, David Villa berhasil menguasai bola sebelum melepaskan tembakan menyusur tanah. Sayangnya usaha ini juga masih berbuah kegagalan.

Di menit ke-17, sebuah tekanan datang dari Belanda lewat tendangan bebas Wesley Sneijder namun Casillas dapat menangkap bola dengan baik. Pertandingan ini berlangsung cukup keras hingga menit ke-29 sudah lima kartu kuning keluar.

Memasuki lima menit terakhir, pertandingan berjalan semakin cepat dan ketat. Kedua kubu sama-sama mulai lebih terbuka. Aksi saling serang pun terjadi. Namun, skor 0-0 tak berubah sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, kembali Spanyol mengambil inisiatif menyerang. Menit ke 54 Spanyol mendapat hadiah tendangan bebas akibat pelanggaran terhadapa Sergio Ramos beberapa meter diluar kotak pinalti Belanda. Xavi yang menjadi eksekutor nyaris membobol gawang lawan setelah bola hasil sepakannya melambung tipis di atas gawang.

Sebuah serangan balik Belanda pada menit 61 nyaris menjebol gawang Spanyol, berawal dari umpan Sneijder, Robben yang berhasil lolos dari jebakan offsides berhasil melaju sendiri sambil membawa bola ke arah gawang Spanyol, namun bola sontekannya masih dapat dibaca dengan baik oleh Iker Casillas, sehingga kedudukan masih tetap 0-0.

Spanyol baru bisa membalas ancaman itu pada menit ke-68 melalui David Villa. Memanfaatkan bola yang lepas dari kontrol John Heitinga, ia melepaskan tembakan dari depan mulut gawang, yang sayangnya masih bisa diblok oleh Heitinga.

Belanda belum menciptakan ancaman ketika pada menit ke-77, Sergio Ramos berhasil menanduk bola sepak pojok Xavi dari tengah kotak penalti, tetapi bola meluncur ke atas mistar gawang.

Hingga 10 menit menjelang akhir babak kedua, kedua tim masih belum mampu mengubah skor, ketatnya pertahanan Belanda membuat Tim Matador tidak mampu mengoyak jala Stekelenburg, begitu pula dengan Belanda yang cenderung lebih banyak bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik.

Kembali sebuah serangan balik Belanda kembali mengancam gawang Spanyol saat Robben menggiring bola hingga ke area kotak pinalti Spanyol pada menit 82. Namun karena kecemerlangan Casillas dalam membaca pergerakan Robben, akhirnya usaha Robben tersebut sia-sia.

Hingga akhir babak kedua, kedudukan masih tetap imbang 0-0, dan pertandingan dilanjutkan ke babak ekstra time. Selama 90 menit, Spanyol menguasai bola sebanyak 57 persen dan melepaskan tiga tembakan akurat dari 12 usaha. Bandingkan dengan Belanda, yang menciptakan lima peluang emas dari sembilan percobaan.

Menit 108 babak ekstra time, John Heitinga mendapat kartu merah setelah dia melakukan pelanggaran terhadap Iniesta, dengan keluarnya Heitinga mengakibatkan pertahanan Belanda sedikit terbuka. Pergerakan Iniesta di daerah pertahanan Belanda kerap merepotkan pertahanan The Oranje, sehingga Iniesta harus dijatuhkan terlebih dahulu untuk menahan lajunya.

Spanyol tidak menyia-nyiakan keunggulan jumlah pemain, Spanyol akhirnya mampu mencetak gol pada menit 116 melalui Andres Iniesta. Gol berawal dari umpancantik Cesc Fabregas ke pada Iniesta yang sama sekali tidak mendapat kawalan oleh pemain belakang Belanda, tanpa ampun bola akhirnya ditendang ke arah sudut kanan gawang Stekelenburg, dan gol.

Man of the Match pertandingan Belanda vs Spanyol: Andres Iniesta (Spanyol)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

  © Design Templates 'sports' by fathony cah ponorogo 2010

Back to TOP